TEKNIS DAN ATURAN PERLOMBAAN PROPOSAL BISNIS

Ketentuan Umum
1.      Satu tim beranggotakan maksimal tiga orang dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda namun satu universitas.
2.      Peserta harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif S1/D4/D3/D2/D1 dari fakultas yang bersangkutan.
3.      Tidak ada maksimal pengiriman tim dari setiap universitas.
4.      Segala hal yang berkaitan dengan keuangan menjadi tanggung jawab peserta.
5.      Waktu pendaftaran dimulai tanggal 22 Juli 2013 sampai 18 Oktober 2013 (pukul 23.59).
6.      Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di sini dan dikirimkan bersama dengan deskripsi business plan dalam bentuk soft copy disertai hasil scan:
-          KTP dan kartu mahasiswa
-          Surat keterangan mahasiswa dari universitas/fakultas masing-masing
-          Bukti pembayaran biaya pendaftaran
7.    Membayar biaya pendaftaran/registrasi awal sebesar Rp 100.000 (sisa biaya Rp 500.000 untuk domisili luar bandung dan Rp 200.000 untuk domisili Bandung, dibayar setelah proses pemeriksaan berkas proposal business plan) ke no. rekening  Bank BNI 0279823017 a.n Hinda Shufiani.
8.      Peserta wajib melakukan konfimasi setelah pembayaran melalui contact person.

Aturan Berkas Proposal Business Plan 
1.      Ide bisnis harus original.
2.      Belum pernah memenangkan kompetisi manapun.
3.   Usaha yang sudah berjalan boleh diikutsertakan.
4.      Memiliki basis pemberdayaan baik berbasis masyarakat, wanita, mahasiswa, pelajar atau komunitas lainnya.
5.      Keterlibatan komunitas dalam usaha akan menjadi nilai tambah bagi penjurian.
6.      Harus berorientasi pada penumbuhkembangan benefit dan dan profit yang dapat digulirkan juga untuk pemberdayaan dan keberlangsungan usaha.
7.      Dapat memecahankan masalah sosial masyarakat yang dapat meliputi:
-          Ekonomi
-          Sosial dan Budaya
-          Lingkungan
-          Pendidikan
-          atau gabungan diantaranya
8.      BUKAN merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, memberbroker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.
9.      TIDAK mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema piramida.
10.      Harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.
11.  Panitia berhak mendiskualifikasi peserta jika terbukti melakukan plagiarisme atau tindak kecurangan lainnya dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
12.  Berkas proposal sudah harus diterima panitia Univation 2013 paling lambat tanggal 18 Oktober 2013 (pukul 23.59) melalui :
Email               : kikafoodtech@yahoo.co.id
subject email   : ”Judul Usaha_Universitas”
13.  Periode pemeriksaan berkas dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2013 - 25 Oktober 2013. Berkas yang memenuhi syarat akan diumumkan pada tanggal 26 Oktober 2013.

Pemeriksaan Berkas
Pada  tahap ini setiap tim harus membuat deskripsi  proposal business plan sesuai tema yang disediakan oleh panitia. Proposal akan diperiksa untuk dapat mengikuti presentasi dan food festival. Aturan penulisan proposal dapat dilihat di sini.

Presentasi Proposal Business Plan dan Food Festival
Rangkaian acara presentasi proposal business plan dan food festival akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 November di Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor. Pada tahap ini peserta mempresentasikan proposal business plannya dan menjual produk saat kegiatan food festival.

Aturan Tahap Final
1.      Peserta wajib membayar sisa uang pendaftaran paling lambat tanggal 8 November 2013.
2.      Peserta yang tidak melunasi sisa pembayaran sesuai tanggal yang telah ditentukan dianggap gugur.
3.     Peserta diwajibkan mengirimkan proposal bisnis yang sudah fixed dalam bentuk soft copy ke kikafoodtech@yahoo.co.id tanggal 12 November 2013 dan membawa proposal bisnis hard copy 1 rangkap pada saat final tanggal 19-21 November 2013.
4.      Peserta diwajibkan untuk datang ke Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor pada tanggal 19-21 November 2013 untuk mengikuti seminar, mempresentasikan proposal business plan dan mengikuti food festival.
5.      Peserta harus membawa produk yang sudah dikemas dengan rapi pada saat presentasi lomba (tanggal 20 November 2013) minimal satu buah untuk penilaian juri.
6.      Pengemasan produk menjadi salah satu aspek penilaian.
7.      Produk harus dapat diperbanyak dengan jumlah minimal 10 kemasan dan dapat dijual kepada pengunjung food festival karena menjadi salah satu kriteria penilaian.
8.      Produk yang akan dijual pada saat food festival harus sudah dikemas.

Pengumuman
Pengumuman pemenang akan diumumkan pada saat Food Festival tanggal 21 November 2013. Penentuan pemenang lomba akan dilakukan berdasarkan perolehan nilai yang didapat dari tahap pertama hingga tahap akhir.